Basri Imbau Rumah Pesisir Miliki Pondasi Kokoh - Warta 24 Kalimantan Timur
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Basri Imbau Rumah Pesisir Miliki Pondasi Kokoh

Basri Imbau Rumah Pesisir Miliki Pondasi Kokoh

Basri Imbau Rumah Pesisir Miliki Pondasi KokohMinggu, 31 Desember 2017 Jam: 08:09:28 WIBWakil Walikota Bontang, Basri Rase meninjau lokasi rumah roboh di Bontang Kuala, Sabtu (30/12/2…

Basri Imbau Rumah Pesisir Miliki Pondasi Kokoh

Basri Imbau Rumah Pesisir Miliki Pondasi Kokoh

Minggu, 31 Desember 2017 Jam: 08:09:28 WIBBasri Imbau Rumah Pesisir Miliki Pondasi KokohWakil Walikota Bontang, Basri Rase meninjau lokasi rumah roboh di Bontang Kuala, Sabtu (30/12/2017)

KLIKBONTANG.COM- Musibah robohnya bangunan akibat angin kencang yang dialami warga RT 12, Kelurahan Bontang Kuala menggerakan Wakil Walikota Bontang Basri Rase meninjau langsung lokasi kejadian, Sabtu, 30 Desember 2017.

Kedatangan Wawali Basri adalah untuk memberi dukungan serta motivasi kepada korban sekaligus meninjau berbagai faktor penyebabnya. "Saya ke sini untuk memastikan apakah musibah yang terjadi ini human error atau murni karena bencana alam," kata Wawali Basri kepada Klikbontang.

Basri menilai, disamping adanya bencana akibat angin kencang ada pula kelalaian dari pemilik rumah. Pondasi bangunan dengan tiang pancang tidak memakai klem berupa baut atau peralatan lain untuk menjempitnya.

Orang nomor dua di Kota Bontang itu juga berujar kontruksi bangunan kafe tidak memiliki safety untuk menahan bahan bangunan berupa kayu tidak mudah terlepas terkena dampak angin kencang. Akibatnya, bangunan akan mudah roboh atau porak poranda.

Wawali mengimbau kepada seluruh Ketua RT yang ada di Kelurahan Bontang Kuala terus melakukan pengawasan kepada warga yang sedang membangun rumah. "Pastikan bangunan di pesisir itu benar-benar memiliki berdiri kokoh," ucapnya.

Seluruh tongkat atau tiang pancang dengan pondasi harus benar-benar safety terutama bagian atapnya. Ketua RT atau tokoh masyarakat harus berperan memberi teguran jika bangunan yang didiri kan tidak memiliki safety yang baik.

Wawali menuturkan bangunan berbahan kayu di wilayah pesisir harus memakai bahan baku yang baik serta menggunakan klem. Jadi, semisal ada angin kencang, bangunan tidak mudah terbang bahkan roboh karena ada besi pengikat antara tiang bawah dengan tiang atas.

Selain berkunjung, momen itu juga dimanfaatkan Wawali Basri untuk bersilaturahim bersama ketua RT dan tokoh masyarakat di sekitar. Basri meyakinkan korban dan warga disekitar kejadian agar terus mengambil hikmah dari setiap musibah yang dialami.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan musibah akibat bencana alam maupun human error," pesannya.(*)

Reporter : Darwin Tri Editor : Nur Aisyah

Baca Juga

  • Catat ! Operasi Zebra Kota Bontang Target 600 Tilang
  • Bocah asal Bontang Ini jadi Penghafal Alquran Termuda di MHQ 2017
  • BCC Siap Digelar 5 November, Tema dan Rut e Sudah Disiapkan
  • Dewan Kecewa Petugas RSUD Bontang Bekerja sambil Main Ponsel
  • Dibuka Hari Ini, Ratusan Stan Ramaikan Bontang City Expo

Sumber: Google News | Warta 24 Bontang

Tidak ada komentar