40 Pemohon Ajukan Akta Lahir setiap Hari - Warta 24 Kalimantan Timur
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

40 Pemohon Ajukan Akta Lahir setiap Hari

40 Pemohon Ajukan Akta Lahir setiap Hari

40 Pemohon Ajukan Akta Lahir setiap HariMinggu, 31 Desember 2017 Jam: 08:28:40 WIBIlustrasi.
KLIKBONTANG.COM- Permohonan pencatatan kelahiran oleh warga Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) cu…

40 Pemohon Ajukan Akta Lahir setiap Hari

40 Pemohon Ajukan Akta Lahir setiap Hari

Minggu, 31 Desember 2017 Jam: 08:28:40 WIB40 Pemohon Ajukan Akta Lahir setiap HariIlustrasi.

KLIKBONTANG.COM- Permohonan pencatatan kelahiran oleh warga Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) cukup tinggi. Dalam sehari saja, dinas pimpinan Yuliatinur itu, bisa menerima rata-rata 40 pemohon akta lahir.

Hal itu terwujud berkat pemahaman warga KotaTaman, terhadap pentingnya akta lahir sebagai salah satu syarat administrasi kependudukan. Midah Wardini, Kabid Pencatatan Sipil, Disdukcapil Bontang menerangkan, selain tingkat pemahaman warga yang membaik perihal akta lahir, tingginya angka pemohon itu dipicu inovasi yang diterapkan pihak Capil.

Yaitu dengan menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit, baik swasta maupun pelat merah, hingga klinik bersalin yang beroperasi di daerah. "Dari kerja sama itu, kami bisa perbaharui data kelahiran setiap pekan. Baik dari RS, atau klinik bersalin," jelas Midah, didampingi Syariful Rahman, Kasi Kelahiran dan Kematian, Disdukcapil Bontang, belum lama ini.

Dari kerja sama itulah, lanjut Midah, dapat diketahui, angka kelahiran di Kota Bontang tahun 2017 cukup tinggi. Dicontohkan pada Juli 2017. Tercatat 285 bayi lahir di kota pimpinan Walikota Neni Moerniaeni ini. Demikian pula pada Agustus 2017, tercatat 138 bayi dilahirkan. Sedangkan di Bulan September terdata 158 bayi lahir.

"Tiga bulan itu contoh yang baru saya rekap. Rata-rata per bulan ada 100-an bayi lahir. Belum termasuk yang lahir di luar RS atau klinik," pesannya, mengingatkan.

Pencatatan akta lahir, jelas Midah adalah proses penting yang ha rus ditempuh setiap warga negara Indonesia. Sebab dokumen tersebut merupakan wujud pengakuan negara terhadap seorang manusia yang baru dilahirkan.

Nantinya, akan dipertanyakan ketika berhadapan pada sejumlah kepentingan administrasi. Seperti saat akan mendaftar sekolah, mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), dan jenjang lain. Pihaknya pun menjamin pengurusan administrasi cepat dan bebas biaya.

"Kalau datanya lengkap, bisa selesai dalam 4 sampai 5 hari.

Dan hingga Desember 2017, capaian pencatatan akta lahir Bontang sudah 87 persen. Angka itu, sudah lampaui target nasional untuk anak yang harus capai 85 persen hingga akhir 2019," pungkasnya. (*)

Reporter : Imran Ibnu Editor : Nur Aisyah

Baca Juga

  • Catat ! Operasi Zebra Kota Bontang Target 600 Tilang
  • Bocah asal Bontang Ini jadi Penghafal Alquran Termuda di MHQ 2017
  • BC C Siap Digelar 5 November, Tema dan Rute Sudah Disiapkan
  • Dewan Kecewa Petugas RSUD Bontang Bekerja sambil Main Ponsel
  • Dibuka Hari Ini, Ratusan Stan Ramaikan Bontang City Expo

Sumber: Google News | Warta 24 Bontang

Tidak ada komentar