Warga Kubar Keluhkan Harga Karet Tak kunjung Naik - Warta 24 Kalimantan Timur
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Warga Kubar Keluhkan Harga Karet Tak kunjung Naik

Warga Kubar Keluhkan Harga Karet Tak kunjung Naik

KUTAI BARAT, (suaraindonesia.co.id) - Hingga saat ini harga getah karet di Kutai Barat (Kubar) belum mengalami perubahan yang signifikan. Semua janji para anggota parlemen Kubar se…

Warga Kubar Keluhkan Harga Karet Tak kunjung Naik

berita terkini

KUTAI BARAT, (suaraindonesia.co.id) - Hingga saat ini harga getah karet di Kutai Barat (Kubar) belum mengalami perubahan yang signifikan. Semua janji para anggota parlemen Kubar sejak beberapa tahun silam, belum juga terpenuhi.

Petani karet di Kubar mempertanyakan, keseriusan janji 25 anggota DPRD Kubar saat berkampanye pada pemilu legislatif tahun 2014 silam, hingga kini tak menjadi kenyataan.

Harga getah karet di Kubar, sejak 2014 lal u hingga saat ini masih tetap dikisaran Rp 3.500 hingga Rp 4.500 per kg. Tidak ada peningkatan harga seperti yang dijanjikan puluhan anggota DPRD Kubar, pada saat mereka kampanye sebelum pileg 2014 lalu.

“Mereka anggota DPRD itu janji akan diusahakan menaikkan harga karet. Itu omong kosong,” jelas Perdi Selas (43) warga Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, kepada wartawan Minggu (3/12/2017).

Pantauan media ini, di Kecamatan Barong Tongkok, Linggang Bigung, dan Tering, memang harga jual getah karet petani masih berada dikisaran Rp 4.500 per kg. Petani getah mengeluh, tak ada peningkatana harga seperti janji selama ini oleh sejumlah tokoh yang berkoar melalui media.

Kami hampir tidak lagi percaya dengan janji mereka (DPRD dan Pemkab). Awal tahun lalu beberapa anggota DPRD dan Pemkab Kubar, menyebut akan ada kenaikan harga getah. Mereka mengimbau agar petani menjaga kualitas getah karet bersih,” tegas Sutoyo (54) petani karet di Linggan g Bigung.

Sekitar dua bulan lalu, DPRD bersama Pemkab Kubar, melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan getah karet di Kota Samarinda. Dalam kunjungan itu disebutkan bahwa pihak pabrik bersedia menerima atau membeli getah karet dari Kubar, dengan syarat getah karet dari petani bersih.

“Sarat utama, kualitas getah karet harus bersih. Pabrik di Palaran, bersedia menampung atau membeli getah karet dari petani Kubar. Kami masih lakukan penjajakan terkait hal itu,” tegas anggota DPRD Kubar dari Fraksi PDIP, Lusiana Ipin kepada wartawan.

(Nur A)

Reporter : Muhammad
Editor : Farhan Jordan
Sumber: Google News | Warta 24 Kutai Barat

Tidak ada komentar