Setahun Dibina BPPT Petani Rumput Laut di Pantai Sungai Parit ... - Warta 24 Kalimantan Timur
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Setahun Dibina BPPT Petani Rumput Laut di Pantai Sungai Parit ...

Setahun Dibina BPPT Petani Rumput Laut di Pantai Sungai Parit ...

Aktivitas dan Rumah Tak Terlihat Lagi Setahun Dibina BPPT Petani Rumput Laut di Pantai Sungai Parit PPU Malah Beralih Profesi Setahun dibina dan diberi…

Setahun Dibina BPPT Petani Rumput Laut di Pantai Sungai Parit ...

Aktivitas dan Rumah Tak Terlihat Lagi

Setahun Dibina BPPT Petani Rumput Laut di Pantai Sungai Parit PPU Malah Beralih Profesi

Setahun dibina dan diberi fasilitas, ternyata petani rumput laut di Sungai Parit memilih beralih profesi, karena kurang modal dan bibit hancur.

Setahun Dibina BPPT Petani Rumput Laut di Pantai Sungai Parit PPU Malah Beralih Profesisamir paturusi/ tribun kaltimPetani rumput laut di kawasan pantai Sungai Parit, Kabupaten Penajam Paser Utara, beralih professi akibat kekurangan modal serta gagal panen.

PENAJAM,TRIBUN- Puluhan petani rumput laut di Kelurahan Sungai Parit , Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPPU), sudah setahun lebih mereka alih profesi karena kurang memiliki modal dan kesulitan pemasaran untuk melanjutkan usaha mereka.

Padahal sebelumnya petani rumput laut di daerah ini sempat mendapat bimbingan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Menurut pantauan Tribun, Selasa (26/12) di lokasi Kelompok Karya Bahari, sejumlah rumah berukuran kecil yang selama ini dipakai petani rumput laut untuk melakukan aktivitas tidak terlihat lagi. Selain karena sebagian terkena abrasi juga dibongkar karena dikhawatirkan rusak.

Petani rumput laut di kawasan pantai Sungai Parit, Kabupaten Penajam Paser Utara, beralih professi akibat kekurangan modal serta gagal panen.
Petani rumput laut di kawasan pantai Sungai Parit, Kabupa ten Penajam Paser Utara, beralih professi akibat kekurangan modal serta gagal panen. (samir paturusi/ tribun kaltim)

Baca: Tahap I PT SMI Cairkan Kredit sebesar Rp 125 Miliar untuk Biayai Proyek di PPU

Baca: DPC PBB PPU Serahkan Rekomendasi Pasangan Mustaqim-Sofyan Noor

Baca: Polres PPU Membekuk Empat Tersangka dan Menyita 43.307 Butir LL

Bukan hanya itu, di lokasi ini hanya terdapat dua unit rumah ini padahal sebelumnya ada sekitar 10 rumah yang berdiri.

Di rumah tersebut tidak ada lagi aktifitas para petani rumput laut, padahal sebelumnya rumah mereka ramai dengan aktifitas termasuk mengikat bibit rumput laut di tali.

Salah seorang petani rumput laut kelompok Karya Bahari, Muhammad Asse mengatakan, sudah setahun terakhir ini tidak ada lagi aktifitas petani rumput laut.

Kegiatan petani rumput laut.
Kegiatan petani rumput laut. (republika.com)

Ia mengaku, para petani sempat mendapat bantuan dan bibingan dari BPPT namun tidak bertahan lama.

Halaman selanjutnya 12 Penulis: Samir Editor: Priyo Suwarno Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Pria yang Berbulan-bulan Melaut Ini Kaget Pulang Ada Fotonya dan Abu Jenazah, Ternyata yang Terjadi Sumber: Google News | Warta 24 Penajam Paser Utara

Tidak ada komentar