Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Kaltim Capai 3.878 Orang - Warta 24 Kalimantan Timur
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Kaltim Capai 3.878 Orang

Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Kaltim Capai 3.878 Orang

Pulau Derawan, salah satu andalan tujuan wisata Kaltim. (Foto: Disbudpar.Beraukab.Go.id)INFONAWACITA.COM â€" Kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah Provinsi Kali…

Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Kaltim Capai 3.878 Orang

Pulau Derawan, salah satu andalan tujuan wisata Kaltim. (Foto: Disbudpar.Beraukab.Go.id)

INFONAWACITA.COM â€" Kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur pada periode Januari-Oktober 2017 mencapai 3.878 orang.

Dari jumlah tersebut, kunjungan terbanyak dilakukan turis dari Singapura yang mencapai 631 orang. “Kunjungan terbanyak kedua dilakukan oleh turis dari Australia yang tercatat 346 orang, terbanyak ketiga dari Malaysia dengan jumlah 318 orang, sedangkan sisanya berasal dari berbagai negara lain,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim Muhammad Habibullah, di Samarinda, Sabtu (16/12), dilansir dari Antara.

Dijelaskan Habibullah, kunjungan wisman dari tiga n egara tersebut memberikan andil sebesar 38,22 persen dari total jumlah kunjungan pada Januari-Oktober 2017, sedangkan selebihnya sebanyak 61,78 persen merupakan turis yang datang dari berbagai negara dari lima benua.

Ia menjelaskan, jika dirinci kunjungan per bulan dalam periode tersebut, maka kunjungan terbanyak terjadi pada Juli mencapai 456 wisman, sedangkan kunjungan paling sedikit terjadi pada Juni yang hanya tercatat 281 wisman.

Sedangkan rincian kunjungan per bulan adalah pada Januari terdapat 409 kunjungan wisman, pada Februari terdapat 322 wisman, Maret 402 wisman, April 356 wisman, Mei 370 wisman, Agustus 419 wisman, September 452 wisman, dan pada Oktober tercatat ada 411 wisman yang berkunjung ke Kaltim.

Provinsi Kaltim dikenal memiliki keindahan alam dan sejumlah objek wisata yang mampu memikat wisman datang, seperti wisata bahari di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau.

Pulau terpencil yang memiliki keindahan alam bawah laut dan ter dapat ubur-ubur tanpa sengat ini terletak di perbatasan dengan Filipina. Meskipun jarak tempuh jauh, namun masih banyak turis yang datang untuk menikmati alamnya.

Objek wisata alam lainnya yang juga banyak digandrungi wisman adalah wisata hutan dan arung jeram di Kabupaten Mahakam Ulu. Di lokasi ini, wisman yang sering berkunjung adalah dari Prancis dan Australia.

Menurut Habibullah, tingkat kunjungan wisman ke Kaltim akhir-akhir ini terjadi penurunan diakibatkan dari perkembangan ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih, sehingga kondisi ini menyebabkan banyak wisman mengurangi kegiatan wisata.(AR/ANT)

Sumber: Google News | Warta 24 Mahakam Ulu

Tidak ada komentar