KPU Bontang Mulai Verifikasi Faktual 12 Parpol - Warta 24 Kalimantan Timur
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

KPU Bontang Mulai Verifikasi Faktual 12 Parpol

KPU Bontang Mulai Verifikasi Faktual 12 Parpol

KPU Bontang Mulai Verifikasi Faktual 12 ParpolJumat, 15 Desember 2017 Jam: 18:40:54 WIBKPU Bontang menggelar Bimtek verifikasi faktual kepada parpol di Hotel Sintuk, Jumat, 15 Desembe…

KPU Bontang Mulai Verifikasi Faktual 12 Parpol

KPU Bontang Mulai Verifikasi Faktual 12 Parpol

Jumat, 15 Desember 2017 Jam: 18:40:54 WIBKPU Bontang Mulai Verifikasi Faktual 12 ParpolKPU Bontang menggelar Bimtek verifikasi faktual kepada parpol di Hotel Sintuk, Jumat, 15 Desember 2017 pagi. (ALPIANA/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.COM- Mulai hari ini, Kamis 15 Desember 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang memverifikasi faktual 12 partai politik (Parpol). Verifikasi ini berlangsung sampai 4 Januari 2018.

Langkah awalnya, KPU Bontang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada parpol di Ball Room Hotel Sintuk, Selasa 15 Desember 2017. Bimtek ini bertujuan memberikan pemahaman kepada parpol terkait metode verifikasi faktual yang terlaksana sesuai jadwal.

KPU menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sebagai rujukan verifikasi faktual di lapangan. Nantinya ada 6 orang verifikator, mereka terdiri dari 3 mahasiswa dan sisanya warga setempat yang dibekali metode dari KPU.

Sebab, data-data parpol seperti kepengurusan, kantor dan syarat-syarat lain sudah diisikan dan didokumentasikan dalam Sipol. Verifikasi dilakukan dengan cara sensus. Apabila data anggota sampai dengan 100 dan sampel acak sederhana dilakukan pada data anggota yang lebih dari 100.

"KPU masih memberikan waktu lagi perbaikan jika dalam verifikasi faktual ada kekurangan dalam data Parpol yang tidak memenuhi syarat," jelas Suardi Ketua KPU Bontang saat Bimtek verifikasi faktual.

Kata Suardi, kesalahan yang banyak terjadi untuk syarat keanggotaan ketika jumlah anggota yang diklaim dan dimasukkan daftar namanya melalui Sipol tidak sesuai dengan salinan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau Kartu Tanda Anggota yang diserahkan parpol ke KPU Bontang.

"Kami sangat berharap ketika dilakukan verifikasi, parpol tidak su sah untuk ditemui dan data sudah siap demi memudahkan porses verifikasi. tambahnya. Kalau selesai, 17 Februari 2018 sudah bisa diumumkan parpol peserta pemilu 2019," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, 12 parpol dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan berhak melaju ke tahapan verifikasi faktual. Sebanyak 10 parpol diantaranya adalah parpol peserta Pemilu 2014, dan dua partai baru yakni Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dua parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi yaitu Partai Berkarya dan Partai Garuda. Sementara itu, sembilan parpol yang saat ini masih menunggu penelitian administrasi hasil perbaikan, akan diumumkan pada pekan depan. Kesembilan parpol tersebut mengikuti proses pendaftaran dan verifikasi parpol belakangan, setelah adanya putusan Bawaslu RI. (*)

Reporter : Alpiana Editor : Nur Aisyah

Baca Juga

  • SK Pemecatan Andi Harun Sah, Bukan Aspal
  • Surve i JSI: Sofyan Hasdam Layak Maju Pilgub Kaltim 2017
  • Posisi Diusik? Ketua DPRD Bontang Ancam Gugat
  • Tiga Bulan Menjabat, Andi Faiz Mundur dari Ketua Nasdem Bontang
  • Putra Adi Darma Hadir di Rapat Kubu Ical

Sumber: Google News | Warta 24 Bontang

Tidak ada komentar