WARTA 24 KALIMANTAN TIMUR

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Girimukti Jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di PPU

Posted by On 20.27

Girimukti Jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di PPU

Girimukti Jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di PPU

Minggu, 31 Desember 2017 Jam: 17:22:53 WIBGirimukti Jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di PPUPeresmian Desa Girimukti sebagai desa sadar BPJS Ketenagakerjaan di PPU (Foto: Humas)

KLIKPENAJAM.COM - Desa Girimukti Kecamatan Penajam dicanangkan sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan, pada beberapa waktu lalu.

Hal ini merupakan implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sebagai pelaksanaan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Disampaikan Asisten Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Suhardi kegiatan ini merupakan penguatan kapasitas organisasi dan kemitraan startegis, dimana salah satu inisiatif yang dapat dilakukan adalah melalui gerakan sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

" Melihat dari komposisi sebuah desa, dapat kita ilustrasikan sekitar 60 persen warga Indonesia secara administratif sebagai penduduk desa yang tersebar di 74.000 desa, hampir semuanya tidak mempunyai jaminan sosial ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Seluruh warga desa yang berusia lebih dari 17 tahun baik laki-laki atau perempuan, yang bekerja mandiri pada sektor agraris, maupun warganya yang bekerja di sektor perkebunan atau kehutanan, ataupun nelayan dan pengolah hingga pedagang ikan di wilayah Kabupaten PPU memiliki risiko pekerjaan masing-masing.
"Sehingga adanya BPJS ini diharap mampu mengcover seluruh hal tersebut, guna keamanan dan kenyamanan warga saat mencari nafkah," tambahnya.

Senada, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan Kusumo, mengatakan BPJS Ketenagakerjaan diperuntukkan bagi pekerja berusia lebih dari 17 tahun disemua sektor pekerjaan seperti perusahaan, pemerintahan, buruh, pekerja mandiri, informal, seperti petani, nelayan, pedagang dan lain sebagainya.

Upaya ini mengingat tingkat kecelakaan kerja yang lebih tinggi di sektor informal, seperti halnya pekerja mandiri. Sebab mereka langsung bersentuhan dengan alam dan kurangnya standar safety, yang jauh berbeda dengan perusahaan.

“Untuk itu BPJS memberikan solusi baru sesuai dengan harapan perlindungan kerja dan kesejahteraan bagi semua warga melalui BPJS Ketenagakerjaan. Dan pencanangan desa Girimukti di Kabupaten PPU, merupakan upaya untuk memberikan perlindungan bagi para pekerja dan keluarga dari risiko sosial yang dihadapi seperti kecelakaan kerja, hari tua, maupun kematian,” terangnya.

Perlindungan yang diberikan menggunakan mekanisme asuransi, dimana peserta berkewa jiban membayar iuran bulanan kepada badan penyelenggara, dan dana tersebut dikelola untuk menjamin kepastian perlindungan dan manfaat kepada peserta BPJS Ketenaga kerjaan. Meliputi empat program, yaitu jaminan hari tua, jaminan kecelakaan, jaminan pensiun, dan jaminan kematian.

"Termasuk sebagian pekerja non PNS yang sudah didaftarkan menjadi peserta diantaranya dari Dinas Ketenagakerjaan, Badan Pertanahan Nasional, Dinas Sosial, Dinas PUdan Permukiman, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kejaksaan Negeri. BPJS Ketenga Kerjaan diamanahkan dapat melindungi seluruh tenaga kerja di seluruh Indonesia, yang saat ini berjumlah kurang lebih 87 Juta pekerja dari semua sektor,” pungkasnya. (*)

Reporter : Rahmad Fadli | Humas Pemkab PPU Editor : Khalfani Aldebaran

Baca Juga

  • Bersebelahan Dengan Kabupaten Lain, Empat Batas Desa Masih Terkendala
  • Sinergi Pembangunan Antar Daerah, PPU Jalin Kerjasama dengan Kutai Barat
  • Ini Daftar Penerima Beasiswa Dari Pemkab PPU Tahun 2015
  • Cipta Karya PPU : Pengembalian Biaya Jembatan Tergantung Ramainya Kendaraan
  • Makin Apik, Penahan Abrasi Tersusun Rapi Disepanjang Pantai Tanjung Jumlai

Sumber: Google News | Warta 24 Penajam Paser Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »