Dapil Tak Berubah, Jumlah Kursi Pileg PPU 2019 Tetap - Warta 24 Kalimantan Timur
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Dapil Tak Berubah, Jumlah Kursi Pileg PPU 2019 Tetap

Dapil Tak Berubah, Jumlah Kursi Pileg PPU 2019 Tetap

Dapil Tak Berubah, Jumlah Kursi Pileg PPU 2019 Tetap Kamis, 28 Desember 2017 Jam: 17:09:16 WIBKomisioner KPU Penajam Paser Utara (PPU) Divisi Teknis dan Penyelenggara, Saharuddi…

Dapil Tak Berubah, Jumlah Kursi Pileg PPU 2019 Tetap

Dapil Tak Berubah, Jumlah Kursi Pileg PPU 2019 Tetap

Kamis, 28 Desember 2017 Jam: 17:09:16 WIBDapil Tak Berubah, Jumlah Kursi Pileg PPU 2019 Tetap Komisioner KPU Penajam Paser Utara (PPU) Divisi Teknis dan Penyelenggara, Saharuddin (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memastikan jumlah daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 tidak mengalami perubahan dari sebelumnya.

Komisioner KPU Penajam Paser Utara (PPU) Divisi Teknis dan Penyelenggara, Saharuddin, mengatakan penghitungan alokasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 masih menggunakan tiga Dapil, yakni Penajam, Sepaku, dan Babulu-Waru.

“Dari perhitungan awal, perhitungan pertama 11 kursi untuk Penajam, setelah masuk di perhitungan kedua ternyata Pe najam mendapatkan sisa kursi satu sehingga menjadi 12, dan untuk alokasi kursi di DPRD tidak berubah, tetap 25 kursi,” ujarnya.

Hal tersebut berdasarkan aturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pasca penetapan data agregat kependudukan per kecamatan di PPU sebanyak 166.544 jiwa.

Selain itu, rumusan alokasi kursi tersebut didapatkan pada bidang bilangan pembagi penduduk, dari 166.554 dibagi sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, untuk daerah dengan jumlah penduduk 101 ribu sampai 200 ribu penduduk. Dengan alokasi sebanyak 25 kursi.

“Ketentuan itulah kita petakan dari jumlah penduduk per Kecamatannya, kita hanya menjalankan sesuai yang diatur Undang - undang,” ucapnya.

Ditambahkannya, tidak ada hal signifikan terkait perubahan kursi legislatif dari tahun 2014 silam, hanya saja jumlah penduduk yang mengalami pengurangan sebanyak 174,120 jiwa.

“Kami tidak mengetahui secara lebih jelas (pengurangan penduduk), yang pas tinya mengalami pengurangan dari sebelumnya,” katanya.

Dengan perhitungan tersebut, ditetapkan dapil Penajam sebanyak 12 kursi, dapil Waru-Babulu delapan kursi, dan dapil Sepaku lima kursi.(*)

Reporter : Rahmad Fadli Editor : Khalfani Aldebaran

Baca Juga

  • Disperindagkop Akan Tera Ulang Timbangan Tengkulak Sawit
  • Diduga Sakit Hati Dimarahi, Remaja 14 Tahun Nekat Gantung Diri
  • Lagi, Pengedar Sabu Berhasil Ditangkap di Petung
  • Kedapatan Miliki Sabu, Ibu Rumah Tangga Ditangkap Polisi
  • Jelang Ramadhan, Harga Bawang di PPU Alami Lonjakan

Sumber: Google News | Warta 24 Penajam Paser Utara

Tidak ada komentar