Bandara Tanjung Warukin Dioperasikan Kembali - Warta 24 Kalimantan Timur
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Bandara Tanjung Warukin Dioperasikan Kembali

Bandara Tanjung Warukin Dioperasikan Kembali

HomeBeritaNasionalNasional Bandara Tanjung Warukin Dioperasikan Kembali Dengan adanya alternatif transportasi udara ini masyarakat dan pelaku bisnis dapat memangkas waktu tem…

Bandara Tanjung Warukin Dioperasikan Kembali

  • Home
  • Berita
  • Nasional

Nasional

Bandara Tanjung Warukin Dioperasikan Kembali Dengan adanya alternatif transportasi udara ini masyarakat dan pelaku bisnis dapat memangkas waktu tempuh dari Tabalong ke Banjarmasin sekitar 4- 5 jam. Pertamina Senin 4/12/2017, 19.04 WIB Arnold Sirait Pemerintah Buka Peluang Harga Premium dan Solar Naik Tahun Depan Kawasan Natuna Akhirnya Nikmati BBM Satu Harga Pertamina Ajukan Surat Penambahan Porsi Total dan Inpex di Mahakam

PT Pertamina (Persero) akhirnya mengoperasikan kembali Bandar Udara (Bandara) di Tanjung Warukin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Pen goperasian kembali Bandara ini tujuannya untuk mengoptimalkan aset perusahaan.

Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan bandara milik Pertamina ini memang sudah tidak beroperasi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini bisa membebani perusahaan dari segi biaya pemeliharaan.

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode p engaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Dengan pengoperasian kembali itu harapannya bisa mengurangi biaya pemeliharaan. Selain itu juga menghindari penguasaan aset oleh pihak lain, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tabalong dan sekitarnya.

Alhasil, aset yang dimiliki bisa lebih dioptimalkan. ”Ini sekaligus menjadi revenue tambahan bagi perusahaan,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Senin (4/12).

Untuk pelaksanaan operasional, Pertamina menjunjuk anak perusahaannya PT Pelita Air Service. Mereka nantinya akan bekerjasama pengelolaan bandara (Kerja Sama Operasi/KSO) dengan UPT/ Dinas Perhubungan Pemkab Tabalong.

Untuk mengoptimalkan pengoperasian, Pertamina telah melakukan renovasi fasilitas bandara. Di antaranya Overlay Taxiway & Runway, Instrumentasi Bandara, Renovasi Terminal, Renovasi Tower, Marking, Perbaikan Apron, dan Pagar Perimeter.

Bandara Udara Pertamina di Tanjung Warukin, Kab. Tabalong terseb ut berbatasan dengan empat Kabupaten yakni Penajam Paser Utara, Barito, Balangan, dan Hulu Sungai Utara. Harapannya bandara ini bisa melayani kebutuhan transportasi udara masyarakat umum dan pekerja Pemerintah Kabupaten Tabalong dan sekitarnya serta masyarakat dari aktivitas bisnis pertambangan batubara, migas dan perkebunan yang menjadi kegiatan utama di Kabupaten Tabalong dengan jumlah penduduk 243.477 jiwa.

Adapun jarak tempuh dari Kabupaten Tabalong menuju Banjarmasin (± 150 km) melalui jalur darat selama ini membutuhkan waktu enam jam. Dengan adanya alternatif transportasi udara ini masyarakat dan pelaku bisnis dapat memangkas waktu tempuh sekitar 4- 5 jam.

Selain di wilayah Kabupaten Tabalong, potensi penumpang juga diperkirakan dari enam Kabupaten. Mereka yakni Balangan, Paser, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan & Barito Timur.

Bandar Udara Pertamina Tanjung Waruki ini akan melayani delapan penerbangan domestik per hari dengan 4 (empat) rute / tujuan penerbangan. Di antaranya adalah yakni Bandar Udara Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandar Udara Juanda (Surabaya), Bandar Udara Adi Sumarmo (Solo) dan Bandar Udara Syamsudin Noor (Banjarmasin).

(Baca: 2 Menteri Janji Kebut Proyek Bandara, Kereta dan Tol Jawa Tengah)

Bandar Udara Pertamina Tanjung Waruki ini memiliki panjang runway 1.400 m x 30 m, dengan ketinggian 196,85 Ft (60 M) MSL ini akan melayani penerbangan dengan tipe pesawat ATR 72. Jam operasional hanya berlangsung dari pukul 06.00 â€" 18.00 WITA.

Artikel Terkait Pemerintah Buka Peluang Harga Premium dan Solar Naik Tahun Depan Menurut Dirjen Migas, jika hingga akhir tahun ICP melewati level US$ 60 per barel, kemungkinan harga BBM akan naik menyesuaikan harga keekonomiannya. Kawasan Natuna Akhirnya Nikmati BBM Satu Harga Sebelumnya, masyarakat harus membeli BBM Premium seharga 7.500 per liter dan Rp 6.000 per liter untuk Solar. Pertamina Ajukan Surat Penambahan Porsi Total dan Inpex di Mahakam Total dan Inpex bisa mendapatkan hak kelola Blok Mahakam sebesar 39%, dari sebelumnya hanya 30%.

Berita Terpopuler

Perdagangan GAP Tutup Semua Gerai di Indonesia Awal Tahun Depan Perusahaan yang menaungi distribusi produk GAP di Indonesia terafiliasi dengan Grup Saratoga. Digital BI Akan Pertegas Larangan Penggunaan Bitcoin Seluruh kegiatan transaksi, investasi, hingga fasilitasi jual-beli bitcoin akan dilarang. Keuangan Ditunjuk Jokowi, Robert Pakpahan Hadapi 5 Tantangan Robert Pakpahan memimpin Ditjen Pajak untuk mengejar target penerimaan pajak. Keuangan Google Bayar Pajak di Hari Terakhir Ken Jabat Dirjen Pajak Google membayar Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk Tahun Pajak 2015. Nasional Praperadilan Setnov Ditunda, KPK Dituding Kejar Pelimpahan Berkas Pengacara Setya Nova nto keberatan dengan usulan penundaan praperadilan, dan menganggap KPK sengaja m ...

Opini

Madjedi Hasan Madjedi Hasan

Potensi Masalah Skema Kontrak Bagi Hasil Gross Split

Kishore Mahbubani Kishore

Sistem Pendidikan Perlu Adaptasi dengan Disrupsi Teknologi

Irvan Rahardjo Irvan Rahardjo

Setahun Restrukturisasi AJB Bumiputera Masih Jalan di Tempat

Sampe L. Purba Sampe L Purba

Mematut Potensi India, Pasar Raksasa Gas Dunia

Ignatius Haryanto Ignatius Haryanto

Kolaborasi, Solusi Menghadapi Disrupsi Industri Media

Baca juga Giant Makro Inflasi Rendah, Sri Mulyani Berharap Minat Belanja Meningkat BBM Pertamina Energi Pemerintah Buka Peluang Harga Premium dan Solar Naik Tahun Depan BBM Satu Harga Natuna Energi Kawasan Natuna Akhirnya Nikmati BBM Satu Harga Gerakan Masyarakat Sehat Nasional 4 Kementerian Bekerja Sama Salurkan Bansos Nontunai Infomark Transparansi Tambang: Mulai 2020 Data Pemilik Wajib Dibuka Infomark Transparansi Tambang: Mulai 2020 Data Pemilik Wajib Dibuka Sektor Migas Tunggu Revisi Undang-Undang Infomark Sektor Migas Tunggu Revisi Undang-Undang Keterbukaan-Data , Indonesia-Masih-Tertinggal Infomark Keterbukaan Data, Indone sia Masih Tertinggal Izin Tak Layak, Penerimaan Negara Terhambat Infomark Izin Tak Layak, Penerimaan Negara Terhambat Sumber: Google News | Warta 24 Penajam Paser Utara

Tidak ada komentar