www.AlvinAdam.com

WARTA 24 KALIMANTAN TIMUR

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Beribadah di Ruangan Terbatas, Lapas Bontang Perlu Rumah Ibadah

Posted by On 19.06

Beribadah di Ruangan Terbatas, Lapas Bontang Perlu Rumah Ibadah

Beribadah di Ruangan Terbatas, Lapas Bontang Perlu Rumah Ibadah

Jumat, 02 Maret 2018 Jam: 17:11:40 WIBBeribadah di Ruangan Terbatas, Lapas Bontang Perlu Rumah IbadahKepala Lembaga Permasyarakat Bontang Kelas III A, Heru Yuswanto. Foto: Dok/KLIKBONTANG

KLIKBONTANG.COM - 53 Warga Binaan Lembaga Permasyarakatan Kelas III A Bontang beribadah di ruangan terbatas. Ruangan berukuran 3x5 meter ini menjadi satu-satunya tempat ibadah para pemeluk agama Nasrani di Lapas Bontang.

Kondisi ini dikeluhkan oleh Kalapas Bontang, Heru Yuswanto saat diwawancarai wartawan di Lapas Kelas III Bontang, Jalan Bessai Berinta, Kelurahan Bontang Lestari belum lama inii.

“Mereka beribadah dengan ruanga n sederhana saja. Sesak sih, tapi tidak ada ruangan lainnya,” kata Kalapas Heru.

Heru mengatakan, para pemeluk agama Nasrani selama ini beribadah setiap 2 kali seminggu. Mereka yang beragama Kristen Katolik Protestan bergiliran menggunakan ruangan yang dulunya sebuah kamar sel. Blok Mapanali terpaksa harus dialihfungsikan sebagai ruangan ibadah agar para pemeluk agama bisa beribadah dengan tenang.

Ruangan ibadah di Lapas baru tersedia musala saja. Sementara bagi penganut agama lainya, belum ada ruangan khusus. Sebenarnya, lapas memiliki Aula. Hanya saja, aula ini multifungsi kerap digunakan sebagai tempat belajar para warga binaan yang mengikuti kelas kejar paket.

Selain itu, lokasi tak strategis karena bertepatan di pintu masuk lembaga. Aktivitas cukup ramai, apabila difungsikan dikhawatirkan bakal mengganggu pelaksanaan ibadah karena rutinitas penduduk lapas di sekitar aula.

“Ada sih aula itu, tapi ramai. Kalau kelas belajar saja digelar tergang gu karena ramai kan,” katanya.

Dia meminta Pemerintah Kota Bontang, membangunkan ruangan ibadah khusus bagi pemeluk agama non-Muslim. Ruangan ini nantinya dibangun layaknya gazebo, tak membutuhkan sekat dinding cukup lantai dan atap saja. Ruangan ini pula dapat digunakan bagi pemeluk agama lain, seperti Hindu atau Buddha.

Heru mengaku, Lapas Bontang masih memiliki lahan cukup untuk membangun ruangan ibadah ini. Lokasinya cukup nyaman dan tenang dari kesibukan warga binaan. Sehingga, saat beribadah pemeluk agama dapat khusyuk.

Dirinya pun mengaku telah mengkalkulasi kebutuhan anggaran untuk membangun ruang ibadah ini. Ditaksir biaya yang dihabiskan sekitar Rp 200 juta. Dia berharap Pemkot Bontang mengalokasikan anggaran pada APBD-Perubahan 2018 nantinya.

“Ada itu lokasinya dekat Blok Nusantara. Disitu cukup tenang, dan nyaman,” katanya.(*)

Reporter : Ichwal Setiawan Editor : Nur Aisyah

Baca Juga

    Catat ! Operasi Zebra Kota Bontang Target 600 Tilang
  • Bocah asal Bontang Ini jadi Penghafal Alquran Termuda di MHQ 2017
  • BCC Siap Digelar 5 November, Tema dan Rute Sudah Disiapkan
  • Dewan Kecewa Petugas RSUD Bontang Bekerja sambil Main Ponsel
  • Dibuka Hari Ini, Ratusan Stan Ramaikan Bontang City Expo

Sumber: Google News | Warta 24 Bontang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »